Objek Wisata Gunung Kasur Cipanas

Objek Wisata Gunung Kasur Cipanas
gambar gunung kasur

Ini yang dimaksud batu kasurnya

gambar gunung kasur

hamparan batu di gunung kasur

Dalam kali ini saya akan memperkenalkan objek wisata yang lagi hits di Cipanas yaitu Gunung Kasur atau ada yang menyebutnya dengan Bukit Kasur. Seberapa menarik situs ini ?

Gunung Kasur merupakan salah satu situs cagar budaya yang berada tidak jauh dari pusat kota Cipanas atau sekitar 3 km dari istana Presiden Cipanas. Destinasi ini memiliki lahan yang sangat luas terdiri dari dua desa yaitu desa Cibodas dan Gadog. Kondisi cagar budaya ini jika dilirik tahun-tahun kebelakang sungguh sangat tidak memungkinkan dijadikan objek wisata, namun setelah melakukan penataan yang baik tempat ini disulap menjadi destinasi unggulan yang tak pernah sepi pengunjung terutama tamu-tamu arab yang tinggal di kota bunga.

Nama Gunung Kasur saat ini sedang trending topik di media sosial seperti facebook dan instagram, tidak sedikit pengunjung mengabadikan fotonya untuk di share di akun media sosialnya. Bukan tanpa alasan, selain biayanya yang tidak begitu menyedot kantong, alasan lainnya adalah karena pemandangan yang diambil dari tempat ini sungguh mengasyikan berupa hamparan sawah dari ketinggian, hijaunya kawasan Ciloto Puncak, eksotisme kota Cipanas di siang maupun malam hari dan pemandangan Gunung Gede Pangrango yang menjulang tinggi sehingga tempat wisata ini menjadi tempat yang instagramable.

Selain dikunjungi masyarakat luas dari berbagai daerah, kawasan ini juga menjadi lahan yang sangat atraktif untuk sarana edukasi, sekolah-sekolah yang ada diwilayah ini biasanya melakukan kunjungan ” mayoran ” atau botram di tempat ini. Bahkan tak sedikit pula kawan-kawan mahasiswa mendatanginya untuk kajian ilmiah karena situs ini sudah masuk situs warisan dan cagar budaya yang bernilai sejarah tinggi.

Penamaan Bukit Kasur bukan tanpa sebab atau asal-asalan, dikawasan ini dapat kita jumpai hamparan-hamparan batu berukuran sedang dan besar serta ada batu berbentuk kasur dengan 2 makam utama disampingnya serta hamparan makam panjang disekitarnya. Tak jauh dari objek utama, dapat anda temukan batu berukuran sedang berbentuk bulat lonjong dan ada guratan bekas kaki yang sangat besar. Menurut paparan masyarakat dahulu, batu ini adalah bekas pijakan patih pertama Cianjur yang datang dari Banten untuk menyiarkan ajaran islam dan konon ditempat ini pula dipercaya patih tersebut melakukan semedi/tapa 250 tahun silam.

Apa Kata paranormal ?

Salah satu ahli spiritual yang tidak bisa saya sebutkan mengungkapkan bahwa dahulunya tempat ini adalah lokasi para wali untuk melakukan musyawarah dalam strategi menyebarkan ajaran islam. Walaupun tidak bisa dibuktikan dengan kasat mata, namun masyarakat sangat antusias mendengar mistis sehingga dibalik keindahan ada misteri gunung kasur yang masih belum terungkap.

Jika anda sudah tertarik untuk mengunjunginya, maka pastikan pula untuk mematuhi peraturan dan hukum yang ditetapkan seperti tidak berbicara sompral, bukan tempat pemujaan ataupun pesugihan, membuang sampah pada tempatnya, menggunakan pakaian yang tertutup dan sopan, tidak merusak/merubah sebagian ataupun keseluruhan objek gunung kasur dan tidak menggunakan, membeli atau menjual Narkoba dan Miras. Hal ini tujuannya untuk keselamatan dan menciptakan adab wisata yang baik.

Apa fasilitas yang tersedia ?

Untuk kategori wisata alam bagi saya sudah lumayan mewakili dari objek ini yaitu adanya lahan parkir roda dua dan empat, warung kecil, toilet serta tempat sampah disegala titik. Yang jelas anda ciptakan dan tunjukan bahwa anda mempunyai rasa tanggung jawab untuk menciptakan tempat wisata tetap asri, bersih dan rapi.

Tiket masuk ?

Tidak seperti objek wisata lainnya di Cianjur, objek ini dikelola dengan baik melalui tiket masuk yang ramah yaitu membayar untuk biaya parkir kendaraan saja Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp.10.000 kendaraan roda empat. Saya mau pakai sepeda, apa bayar ? sama saja bayar 3000 tapi kadang gratis loh,, asyik…

Saya tidak membawa makanan tapi ingin makan ?

Ada warung kecil yang menjual makanan ringan, namun jika anda berniat untuk memesan makanan nasi liwet misal, akan saya layani. Ingat,, saya bukan pengelola objek gunung kasur ini ya, namun saya tinggal dibawah bukit ini sekitar 2 km ke arah utara, silakan kunjungi halaman kontak saya saja langsung atau via WhatsApp dan Telepon di 085320530961.